Assalamu'alaikum Ahlan Wasahlan

Interaksi Budaya - Mrs Mila

1.      Gambarkan hasil lukisan karya yang berkaitan dengan social budaya.

Pengajian yang setiap minggu di adakan para warga di kampung Pintu Air Bekasi.

2.      Contoh riil bentuk budaya yang menggambarkan budaya masing-masing!

-          Pertunjukkan wayang kulit, pertunjukkan yang ada di Klaten, Jawa Tengah yang setiap tahun diadakan. Pertunjukkan wayang kulit di adakan setiap hari besar Idul Fitri pada malam harinya.
-          Motif ukiran minangkabau, terdapat ungkapan adat atau pepatah petitihnya sebagai pangkal tolak renungan seni ukir Minangkabau.

3.      Sebutkan contoh hasil interaksi social budaya dalam bentuk kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi!

a.       Kerja Sama
kerjasama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan.
Contoh: Kerukunan yang mencakup gotong royong dan tolong menolong antar sesama warga dalam masyarakat. Contoh : gotong royong yang dilakukan di suatu desa untuk membangun rumah salah satu warga.

b.      Akomodasi
Akomodasi sebenarnya merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa cara mengahancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiaanya.
Contoh: PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) membantu penyelesaiannya dua negara yang sedang berselisih.

c.       Asimilasi
Proses asimilasi di tandai dengan usaha dari orang atau kelompok manusia untuk mengurangi perbedaan-perbedaan yang ada. perberdaan-perbedaan tersebut dapat berupa sikap, tindakan, perasaan, dan budaya. Hasil asimilasi menyebabkan semakin tipisnya batas perbedaan antara dua individu dalam satu kelompok maupun batas-batas perbedan antar kelompok.
Contoh: Pasangan suami istri yang baru menikah, istri bersuku jawa sedangkan suami bersuku Sumatra, maka lambat laun mereka akan membentuk satu keluarga baru yang dimana budaya keduanya melebur dan bercampur.

d.      Akulturasi
Akulturasi adalah dua kebudayan yang hidup berdampingan secara damai. Hal ini terjadi karena dalam asimilasi terdapat proses penerimaan dan pengalihan unsur-unsur kebudayaan suatu kelompok lain dengan tidak mengilangkan ciri budaya dari masing-masing kelompok.
Contoh: Pertemuan antara kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Islam di Indonesia menghasilkan kebudayaan Islam yang bercorak Hindu.

4.      Buktikan bahwa dalam kontak social tidak harus ada kontak fisik namun bisa saling berkomunikasi?

Dewasa ini, kita sudah banyak menggunakan line internet sebagai interaksi social. Kontak social tidak harus kontak fisik, sebagai contoh jika kita sedang melakukan chatting via facebook, maka disana ada interaksi antar individu yang tidak melakukan kontak fisik dan langsung. Tapi hal itu bisa di anggap sebagai kontak social.

5.      Komunikasi adalah berhubungan atau bergaul dengan orang lain. Komunikasi mana yang bisa menjadikan itu budaya?

Budaya adalah kebiasaan yang sering dilakukan atau kebiasaan. Budaya lahir dari interaksi social. Adapun komunikasi yang bisa menjadi budaya adalah saat kita bertemu teman, tetangga lain kita secara otomatis tersenyum dan member sapaan. Nah komunikasi kebiasaan itulah yang bisa menjadikan itu budaya.

0 komentar:

Posting Komentar